Kista



KISTA

Penyakit yang sangat mudah mematikan bagi nyawa seseorang yaitu pada penyakit kista. Awal mendeteksi adanya kista yaitu ada benjolan yang tumbuh pada daerah yang normal. bentuknya kista seperti kistik, yaitu adanya berupa cairan kental seperti buah kelengkeng. Penyebab  timbulnya pertama kali pada penyakit kista sangat beragam sekali, namun yang paling sering terjadi pada kista yang dapat disebabkan oleh adanya pertumbuhan pada folikel, pada indung telur yang akan berubah menjadi kista folikel. Folikel yang merupakan kantong yang berisi adanya cairan yang mengental didalam kuantitas normal dan mengandung sel telur yang ada didalamnya. Penyakit kista folikel yang biasanya muncul pertama kali pada siklus haid wanita, maka folikel akan tumbuh menjadi tampak lebih besar dan sel telur tidak dapat di ovulasikan. Sering kali pada wanita yang tidak mengetahui dan menyadarinya bahwa dirinya sedang mengalami penyakit kista ini. Yang biasanya mereka akan menyadari dengan melihat adanya benjolan yang semakin membesar jika anda melakukan perabaan.

Selain itu ditemukan pada beberapa kasus penderita penyakit kista wanita yang berbentuk anggur. Kista adalah jenis tumor jinak yang sering sekali di temui pada wanita yang terbungkus selaput semacam jaringan jaringan. Tumor pada reproduksi wanita atau lebih di kenal dengan kista yang dapat menyebabkan pembengkakan pada area yang terkena tumor. Namun kebanyakan dalam penanganan nya tidak melalui dalam operasi besar. Namun, berdasarkan tingkatan keganasan, penderita penyakit kista wanita dapat di bagi menjadi dua  macam jenisnya, yaitu :
  • Kista non-neoplastik, yang bersifat jinak dan biasanya akan mengempis dengan sendirinya dalam waktu 2 sampai 3 bulan lamanya.
  • Kista neoplastik, kista ini umumnya harus di operasi, namun hal itu pun akan sangat tergantung pada ukuran dan sifatnya.
Namun menurut para ahli mengatakan bahwa, kista tidak hanya dapat tumbuh di ovarium atau indung telur pada wanita saja, tetapi juga akan tumbuh pada paru paru, usus, dan bahkan di otak. Penderita penyakit kista wanita dapat disebabkan oleh polusi udara dan debu yang ada disekitar nya. Adanya dioksin dari asap pabrik dan pembakaran gas bermotor bisa menjadi menurunnya daya tahan tubuh manusia yang kemudian akan membantu tumbuhnya kista. Selain itu pada faktor makanan, lemak berlebih atau lemak yang tidak sehat akan mengakibatkan zat zat lemak yang tidak dapat di pecahkan dalam proses metabolisme sehingga akan meningkatkan hormon testosteron.
Ada 4 macam kista indung telur. Kista fungsional, kista cokelat (endometriosis) dan kista kelenjar (cystadenoma). Sampai saat ini masih belum di ketahui bagaimana terjadi bagi para penderita penyakit kista wanita. Biasanya akan tumbuh sangat pelan dan sering terjadi keganasan pada umur lebih 45 tahun. Dari keempat kista yang paling banyak dan justru yang lebih sering mengecil dengan sendiri nya seiring dengan membaiknya keseimbangan hormonal adalah kista fungsional.

Ciri ciri Awal Penderita Penyakit Kista Wanita

Sebenarnya, tanda-tanda utama seseorang terkena kista adalah adanya rasa sakit yang teramat sangat saat ia menstruasi. Walaupun rasa sakit pada saat menstruasi tidak selalu berkaitan dengan kista, namun bila seorang wanita merasa sangat tertekan bila menstruasi tiba, dan rasa nyeri tidak dapat tertahan kan.
Rasa sakit dan nyeri saat menstruasi ini erat kaitannya dengan masalah endometriosis. Kista sendiri adalah sebuah kantong pada area pribadi wanita yang berisi darah, nanah, atau udara yang tumbuh dimana-mana. Bila seseorang masih mengalami menstruasi, maka ada kemungkinan ia terkena kista.
Gejala penyakit kista yang perlu diperhatikan oleh para wanita adalah adanya rasa nyeri pada perut bagian bawah, rasa sakit pada punggung yang menjalar sampai ke kaki, sakit saat harus buang air kecil dan buang air besar, darah menstruasi yang berlebihan, dan menstruasi tidak teratur.
Bila masalah kista pada wanita ini tidak segera diobati, maka ini dapat memicu penyakit kanker ovarium. Penyakit ini adalah salah satu jenis penyakit kanker pembunuh ketiga setelah penyakit kanker payudara dan kanker rahim.
Walaupun sebenarnya penyakit kista tidak mempunyai gejala yang khusus, tetapi jika kamu merasa ada rasa sakit yang teramat sangat saat menstruasi, maka kamu harus segera pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan agar tidak terjadi masalah yang lebih serius. Jadi, sebagai wanita kamu harus menjaga diri dan lebih berhati-hati.

Pencegahan bagi Penderita Penyakit Kista Wanita

  • Kurangi makanan yang banyak mengandung lemak

Konsumsi lemak dalam kuantitas yang besar mampu akan menyebabkan gangguan hormon dan meningkatkan hormon cortisol. Hormone cortisol adalah hormon yang dapat menyebabkan stress. Untuk itu sebisa mungkin anda jauhi asupan lemak berlebih.
  • Mengkonsumsi banyak sayur dan buah

Sayur dan buah yang mengandung banyak vitamin dan mineral. Mampu membuat anda meningkatkan stamina pada tubuh. Selain itu juga dapat menetralisir bahan kimia yang akan masuk ke dalam tubuh anda.
  • Riwayat penderita penyakit kista Wanita

Anda perlu mengetahui garis keturunan keluarga anda, apakah salah satu dari anggota keluarga anda ada yang pernah mengalami penderita penyakit kista wanita atau tidak, jika ada maka peluang anda akan menderita kista yang cukup besar dengan melakukan pencegahan melalui pola hidup sehat anda berpeluang kecil menderitanya.
  • Setelah menikah atau segar menikah

Bagi anda yang sudah menikah, segera mungkin dengan mempunyai momongan untuk menghindari terjadinya pada pembentukan kista yang bisa disebabkan oleh adanya frekuensi menstruasi dan aktivitas hormon.
  • Mencegah kebersihan area kewanitaan

Beberapa kasus penderita penyakit kista wanita yang berhubungan dengan area kewanitaan. Disebabkan karena infeksi mikro organisme yang berkembang. Pencegahan sel sel tumor agar tidak dapat berkembang dapat di lakukan dengan senantiasa membersihkan dan menjaga kelembapan area kewanitaan.


Gejala dari Penyakit Kista Pada Perempuan diantara nya adalah :
  •  Adanya Perubahan jadwal atau siklus menstruasi. Beberapa orang yang menderita kista, ada yang mengalami perubahan pada jadwal atau siklus menstruasi, misalnya terlambat datangnya menstruasi atau terjadi perdarahan di tengah menstruasi yang berlangsun (darah keluar banyak).
  • Terjadinya Keluarnya darah menstruasi yang terkadang banyak dan terkadang terlalu sedikit
  • Pada umumnya banyak ditemukan penderita kista mengalami pembengkakan dan pembesaran pada bagian perut, karena kista telah membesar dan berubah menjadi tumor ganas yang menjangkit beberapa organ tubuh disekitarnya.
  • Terjadinya rasa Nyeri di bagian perut yang cukup menyiksa
  • Akan merasakan Rasa sakit dan ngilu seperti digigit semut di bagian bawah perut kiri dan kanan secara bergantian.
  • Akan Merasakan nyeri perut di bagian bawah
  •  
     
www.pin.bbm.com/D5806B80

0 komentar:

Posting Komentar

Comments

Recent

Popular

Featured